Cara Menghitung Akar Pangkat 3 Dengan Cepat



Pada postingan blog sepuluh sembilan sebelumnya sudah membahas mengenai Dukung Komodo Jadi 7 Keajaiban Dunia.Sekarang saya akan membahas hal yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah,tepatnya Matematika.Yakni yang saya beri judul cara menghitung akar pangkat 3 dengan cepat.artikel ini sangat berguna untuk para pelajar yang di sekolahnya lagi membahas bab perpangkatan.Cara ini mungkin sudah ada yang tahu,tapi tidak apa-apakan kalo saya bahas.Sekarang saya akan memberitahu kepada kalian semua tentang bagaimana cara menghitug akar pangkat tiga dengan sangat cepat dan tanpa menghitung sama sekali.

Pertama-tama akan saya jelaskan bahwa yang di masksud dengan akar pangkat tiga disini adalah dimana dua digit angka yang di kalikan dengan angka itu sendiri sebanyak tiga kali contoh adalah 21 X 21 X 21 = 9261.Sebenarnya cara ini sangat berguna tapi sayangnya cara ini hanya bisa untuk menghitung DUA DIGIT ANGKA YANG DI PANGKATKAN 3 SAJA.untuk tiga digit mungkin belum bisa.baiklah kita langsung mulai saja caranya.
1.Saya akan ambil kasusu di atas yaitu 21 X 21 X 21 = 9261
2.Berarti yang kita tahu saat ini hanyalah angka 9261 karena tujuannya adalah menghitung akar pangkat tiganya.
3.Hafalkan pasangan angka-angka digit pertama dengan hasil pangkat tiga berikut Sebagai hasil digit pertama perakaran.



4.langsung saya ambil contoh di atas saja agar tidak binggung dan cepat mengerti.dalam kasus saya ini adalah hasil yang saya peroleh adalah 9.261 dimana hasil tersebut terletak di antara angka 2 dan 3,antara 8 ribu dengan 27 ribu.(karena 9.261 lebih besar dari 8 ribu dan lebih kecil dari 27 ribu).MAKA ANGKA DIGIT PERTAMA HASIL PERPANGKATAN TERSEBUT ADALAH 2.INGAT SELALU DI AMBIL DARI YANG PALING KECIL.(karena hasil tadi terletak antara angka 2 dan 3,berarti di ambil yang 2 karena 2 lebih kecil dari 3).DI PEROLEH DARI TABEL DI ATAS
5.Kedua,hafalkan juga tabel berikut ini sebagai angka digit ke dua dari hasil perakaran.



6.Langsung kita lanjutkan kasus kita tadi.INGAT BAHWA KITA SUDAH MENEMUKAN HASIL DIGIT PERTAMA PERAKARAN YAITU 2.kita lihat angka yang akan kita akarkan dalam kasus saya tadi ini adalah hasilnya 9.261 lihat angka yang paling belakang yaitu 1 kan.maka hasil perakaran digit kedua adalah 1 juga.Karena di peroleh dari tabel yang kedua di atas.
6.Selesai.Jadi hasil perakaran kita adalah 21 angka 2 di peroleh dari step ke 2-3,angka 1 di peroleh dari step ke 4-5 di atas.

No comments:

Post a Comment